Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Membuat Game Word Search Online di Blog



Topik: Stoikiometri dan Mol
mrregar.com - Hallo, selamat datang kembali di blog Bang Regar.
Kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat Game Word Search (Cari Kata) Online di blog.

Dalam pembelajaran di kelas, tidak jarang siswa tampak kurang tertarik belajar. Oleh karena itu, diharapkan guru memilih media/alat pembelajaran lainnya untuk menunjang proses KBM di kelas, sehingga siswa aktif dan memiliki minat yang tinggi terhadap materi yang diajarkan oleh guru tersebut.
Berikut saya akan berbagi tutorial cara membuat suatu game sebagai media belajar lain, yang dapat diharapkan siswa semakin tertarik.
Jadi bapak/ibu guru boleh mencoba saran saya ini. Game yang akan dibuat ini adalah salah satu jenis game yang dapat diakses secara online (menggunakan jaringan internet), dan nantinya di akhir sesi, siswa akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda siswa tersebut berhasil menyelesaikan game. Oke langsung saja, mari kita eksekusi.

Sebelum melakukan langkah-langkah membuat Game Cari Kata online ini, siapkan terlebih dahulu kata-kata apa saja yang akan di masukkan pada Game Cari Kata tersebut. Nah kata-kata tersebut bisa disiapkan terlebih dahulu daftar katanya di Microsoft Word atau notepad. Jika ada kata yang terdiri dari dua kata atau lebih, sebaiknya digabungkan. Misalnya “Fraksi Mol” disatukan saja menjadi “FraksiMol”.

Gambar 1. Daftar kata Word Search

Selanjutnya mari kita lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka browser, misalnya Google Chrome", kemudian ketikkan www.proprofs.com
    Gambar 2. Tampilan muka proprofs.com
  2. Setelah itu, klik "Sign up" yang saya lingkari warna merah ini (sebelah kanan atas) untuk mendaftar. Gunakan email aktif untuk mendaftar.
    Gambar 3. Sign up Free (Dok. Pribadi)

  3. Setelah berhasil mendaftar, silakan cek email, lalu "Login".  Setelah itu, isikan alamat email dan password dengan alamat email dan password yang dipakai saat mendaftar. Kemudian klik "Login".
    Gambar 4. Login (Dok. Pribadi)

  4. Setelah berhasil Login, akan masuk ke dashboard atau halaman utama. Kemudian klik menu "Products", lalu pilih "Brain Games".
    Gambar 5. Brain Games/Asah Otak (Dok. Pribadi)

  5. Setelah itu, akan masuk ke halaman pilihan game. Lalu scroll/gulung ke bawah sampai menemukan daftar game di bawah judul "Create your own games". Lalu pilih "Word Search".
    Gambar 6. Create/buat game word search (Dok. Pribadi)

  6. Setelah itu isi kolom judul, deskripsi, kata-kata. Klik Add more words untuk menambahkan kata yang lain jika kolom yang tersedia tidak cukup. Setelah semua kata input, atur tingkat kesulitan (mudah, sedang, sulit) dan waktu. Kemudian klik "Create My Game" untuk membuat gamenya.
    Gambar 7. Input Kata, durasi, dan kesukaran soal (Dok. Pribadi)

  7. Setelah klik "Create My Game, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Game cari kata telah sukses dibuat dan siap untuk dimainkan atau diisi secara online.
    Gambar 8. Game sudah berhasil dibuat (Dok. Pribadi)
  8. Setelah game sukses dibuat, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk menyisipkannya di blog kita, jangan dulu klik "Play".Ambil  terlebih dahulu kode script embed-nya dengan mengklik tanda embed/sematkan (embed on your website) yang di beri tanda panah dan dilingkari warna merah di bawah ini. Setelah diklik akan muncul kode script embed, lalu copy/salin script tersebut. Lalu paste/simpan terlebih dahulu di Ms-Word atau notepad.
    Gambar 9. Tampilan untuk mencari kode script soal
    Gambar 10. Kode script 
  9. Setelah kode scriptnya dicopy, lalu sisipkan di postingan blog terkait (pastekan dibagian HTML, bukan Compose), lalu publikasikan postingan tersebut.
  10. Setelah itu, maka game cari kata (Word Search) siap dimainkan atau diisi di  halaman blog kita. Sebagai contoh, bisa diakses games yang sudah berhasil saya buat dengan mengklik tautan berikut:  https://www.proprofs.com/games/word-search/lembar-kerja-cari-kata-stoikiometri-1/

Demikianlah tutorial cara membuat game cari kata (Word Search) online di blog. Dengan adanya variasi media belajar, maka dapat membantu guru utk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar, sehingga siswa akan merasa senang dalam belajar.
Jika ada yang kurang/ingin ditanyakan, silahkan sampaikan di kolom komentar.


Semoga bermanfaat.






Bang Regar
Bang Regar Mentor - Educator - Writer

4 komentar untuk "Tutorial Cara Membuat Game Word Search Online di Blog"

  1. Keren gan gamenya :D

    BalasHapus
  2. Keren gamenya, saya sukses menjaWabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih sudah berkunjung,Bu.
      Boleh lah ibu terapkan game, manatau saya bisa coba game ibu.
      Hehe

      Hapus