Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor Ala Cikgu Tere


Seperti biasanya, kegiatan malam ini diisi dengan kuliah menulis. Kelas Om Jay diambil alih Mr.Bams dengan narasumber yang buat saya "tercengang" dengan segudang prestasinya, menjadi guru inspiratif dan mampu menggoyangkan jemari untuk menulis dalam tantangan 1 minggu. Manusiakah atau dewa??😂😂 (bisik di dalam hati).
Rasa-rasanya ingin flashback kegiatan yang lalu, menulis bersama tim yang pada akhirnya saya hianati sendiri, tidak bisa capai garis finish. Naskah tak kunjung selesai..

Namun kali ini kok rasanya berbeda yaa, ada dorongan hati untuk terus menggali lebih dalam tentang Cikgu Tere yang sepertinya memberikan magnet untuk kami sekelas, bahwa menulis itu Semudah Klik. Menulis buku itu bisa terbit loh, salah satunya jika sudah di approve Penerbit Mayor

Berawal dari Mimpi
Berawal dari mimpi yang besar yang ditekadkan Cikgu Tere, menerbitkan buku di Penerbit Mayor. Cikgu Tere akhirnya pun berbagi kisah menulis di Penerbit Mayor dan tulisannya akan terbit dalam sebuah karya cetak, berupa buku. 
Pengalaman menulis buku tersebut diawali ketika beliau bertemu dengan Prof. Eko dalam belajar menulis di kelas Om Jay. Cikgu Tere mendapatkan tantangan untuk menulis dalam waktu seminggu, tantangan tersebut langsung disambut beliau, dan sudah mendapatkan topik tentang Ubiquitous Learning.
Gayung pun bersambut, ketika buku yang berjudul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning dalam Konsep Merdeka Belajar" akhirnya di acc Prof. Eko. Buku Cikgu Tere sesuai dengan format yang sudah ditetapkan akhirnya dikirimkan ke Prof. Eko dan dilakukan pemaparan hasilnya, dan akhirnya pada tanggal 3 Juli 2020, Cikgu menerima Proof buku yang akan diterbitkan dengan lampiran Surat Perjanjian Penerbitan dari Penerbit Mayor. Pastinya, sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh beliau.
Amazing bukan...???. Menulis dalam 1 minggu.🤳

Jika tertarik dengan Ubiquitous Learning, kamu bisa ambil resumnya dari video Prof. Eko berikut.         
                       
   Sumber: Youtube Prof. Eko (https://youtu.be/gIkUmTFoPwA)

Kisah inpiratif Cikgu Tere pastinya akan memberikan dampak positif kepada siapa saja yang pernah mendengarkan pengalamannya, bahwa kita juga bisa mengikuti jejaknya untuk menerbitkan buku. Tak lupa juga, dalam kesempatan yang ada Cikgu Tere berbagi tips jika menginginkan buku dapat diorbitkan oleh Penerbit Mayor.

Tips dalam Menyusun Naskah

Langkah-langkah yang ditempuh dalam menyusun naskah tulisan:
1. Memilih tema/topik.
2. Buatlah Mind Map-nya.
3. Buatlah outline/garis-garis besar tulisan.
4. Kembangkan outline tersebut menjadi tulisan yang lebih panjang dan berisi, yang pasti tetap menerapkan komponen 5W+1H.

Tips supaya Buku Terbit di Penerbit Buku
Jika berminat menulis buku dan ingin bukunya diterbitkan oleh Penerbit Mayor maka sebaiknya kenali dulu seluk beluk (visi/misi) penerbitnya. Terlebih terkait syarat dan prosedur penerimaan naskahnya dan coba hubungi bagian kontaknya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Menarik bukan..?? Nah jika kita mau menulis, mulailah dari bermimpi, berani mencoba.

Diakhir kuliah, Cikgu Tere tak lupa memberikan satu kata motivasi.






"Peliharalah Mimpi... Segera Bangun dan Wujudkan Mimpi"
Ayo Menulis dengan Penulis Hebat.
Bang Regar
Bang Regar Mentor - Educator - Writer

Posting Komentar untuk "Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor Ala Cikgu Tere"