Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngeblog...Membangun Kebiasaan Menulis


Setelah sebelumnya saya sebut “berhasil” mengikuti kuliah Menulis bersama Bunda Kanjeng, kini lanjut kuliah pertemuan kedua. Kali ini, kuliah terasa seru dan menantang karena berbau “BLOG”, media digital yang lagi hangatnya saya geluti.
Narasumber di kelas hari ini adalah seorang guru TIK yang hobby menulis dan menuangkan tulisannya ke dalam penamrbams.id, jadi kalau mau kenalan lebih lanjut silahkan saja kunjungi blog beliau, dijamin akan ketagihan dan tidak bosan surfing.

Menulis melalui Blog
Melalui blog, kita bisa terampil menulis dan akan terus tumbuh melalui proses pembiasaannya yang pastinya harus tetap konsisten, walaupun menulis itu tidak semata-mata harus ngeblog. Konsep ini sudah dibuktikan sang mentor kelas “Bambang Purwanto”, sosok guru yang inovatif dengan tulisan-tulisan tangannya. Menurut Mr.Bams sapaan hangat sang mentor, “setiap orang punya bekal dan ide-ide untuk menuliskan apapun”, hanya saja tidak semua dari kita bisa dengan mudah merangkai ide-ide tersebut menjadi sebuah tulisan utuh.
Membangun suatu blog bukanlah hal yang mudah, Kalau hanya sekedar membuat sebuah blog sangatlah mudah, tidak sampai 5 menit selesai. Namun, mengisi dengan konten-konten yang positif dan bermanfaatlah yang menjadi momok bagi seorang penulis blog (blogger). Momok tersebut dapat timbul karena beragamnya tantangan yang dihadapakan bagi seorang blogger. Tantangan-tantangan yang ada tersebut datang dari beragam hal seperti:
1.  Kurangnya komitmen untuk konsisten menulis.
2.  Ide yang pasang surut tak muncul.
3.  Manajemen waktu menulis yang tidak teratur.
4.  Penyakit: “MALAS”. 

TIPS supaya Sukses Menulis di Blog
Setiap blogger pasti mau, hal tersebut tidak menjadi kendala bagi dirinya, oleh karena itu Mr. Bams memberikan rumus jitu meraih sukses dalam menulis, yaitu dengan memakai kunci “MAU”. Konsep MAU adalah singkatan dari Mau, Aksi, dan Unggul, artinya MAU sukses harus di awali dengan motivasi, impian, harapan, serta cita-cita yang kuat. Dengan motivasi, seseorang akan terdorong untuk melakukan apapun yang disanggupinya untuk meraih kesuksesan, salah satunya menjadi blogger produktif. 
Jika hanya sekedar motivasi, cita-cita itu tidak cukup, harus perlu dibarengi dengan “AKSI”. Semua harapan tersebut jangan hanya sebagai khayalan semata. tetapi sebagai suatu target yang harus dicapai dan dibuktikan dengan usaha nyata yang “UNGGUL” dan unik, sehingga akan memberikan kesan berbeda dengan yang lain.

Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam menulis di blog, yaitu konten yang ditulis serta tampilan/ blog yang bisa memikat pembaca. 
Mulai dari yang Sederhana dan Ada di Kepala
Bagi penulis pemula mungkin akan sering mengalami kesulitan untuk memulai menulis. Ada keinginan kuat untuk mulai menulis, namun bingung harus mulai dari mana. Kadang sudah ada ide di kepala namun masih sulit untuk menuangkannya ke dalam tulisan.
Mr.Bams punya solusi dan motivasi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara “Tulislah apa yang mudah. Mudahkanlah hati kita agar bisa memulai tulisan di blog”.
Selain itu beliau juga memberikan saran kepada penulis pemula agar belajar menulis dan berlatih menulis secara bertahap:
satu paragraf (SANTURAPH) bisa berisi lima kalimat, dilanjutkan dengan membuat dua paragraf (SANURAPH) dengan pola yang sama, dan menjadi tiga paragraf (SANGARAPH). Kata kuncinya adalah “Lakukan secara bertahap”.
Berkaitan dengan gaya penulisan, Mr. Bams menyarankan dalam menulis, tulislah apa yang kita sukai, kita bisa menulis apa saja. Boleh bersambung ataupun tulisan dengan tema baru. Kita sebaiknya membiasakan diri untuk menulis di blog karena bisa membantu untuk tetap menjaga komitmen dan konsisten dalam menulis. 

Blog yang Memikat
Seperti apakah blog yang memikat pembaca?
Buatlah blog yang menarik supaya banyak dikunjungi dan diberikan komentar yang positif dari sesama blogger ataupun pengunjung lainnya.
Mr.Bams memberikan tips supaya blog kita menarik, dengan menerapkan dua hal berikut.
  • Tampilan, buatlah blog yang tampilannya menarik sehingga sejak awal, akan timbul kesan rasa tertarik dan penasaran sehingga pengunjung akan masuk ke dalam untuk membaca isinya.
  • Konten tulisan yang bermanfaat. Jika tulisan kita menarik yang berisi panduan atau tips yang bermanfaat, maka akan membuat pembaca ingin membaca sampai tuntas. Biasanya pengunjung akan betah di blog kita ketika mendapatkan tulisan yang benar-benar dia butuhkan, dan akan terus mencari sesuatu yang pada akhirnya akan membuatnya yakin bahwa tulisan di blog kita layak untuk dikonsumsi.
Mr. Bams juga berpesan “jadikan blog sebagai media latihan untuk menulis. Berbagilah setiap tulisan kepada siapa saja dan di media sosial lainnya”, yang penting mulai lah menulis dan terus menulis, perlahan tapi konsisten.

Ayo Menulis bareng Penulis Hebat.
Bang Regar
Bang Regar Mentor - Educator - Writer

22 komentar untuk "Ngeblog...Membangun Kebiasaan Menulis"

  1. Bagus sekali tulisan nya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  2. keren dan lengkap resume nya, monggo kalo mau kunjungi blog saya

    http://nurhidayati2010.com/?p=136

    BalasHapus
  3. Nah nulis udah mulai jadi kebiasaan nih, tp biar tulisan kita menarik perhatian orang kudu belajar lagi nih..

    >> iotomagz <<

    BalasHapus
  4. Yuk lebih rajin lagi bikin konten blog. Semangat...!!

    BalasHapus
  5. setuju sekali saya pak, ngeblog ini jadi sarana untuk mencurahkan segala pikiran yang sempat terlintas dalam bentuk tulisan

    BalasHapus
  6. Membangun kebiasaan menulis itu memang susah-susah gampang ya. Apalagi kalau awalnya menggebu tapi di tengah loyo... Auto berhenti biasanya.

    BalasHapus
  7. Menulis memberikan manfaat yang besar sekali, salah satunya adalah melatih kita untuk berpikir kritis :D

    BalasHapus
  8. Wah, mantap banget tipsnya. Bener sih yang paling susah itu untuk konsisten agar tetep nulis. Terutama karena penyakit malas. Semoga bisa makin konsisten dari sekarang

    BalasHapus
  9. Lagi belajar ngeblog juga nih. Nyari konten yang cocok juga kadang susah ya :( Kadang bikin males apa kalo lagi gaada ide bener" bingung

    BalasHapus
  10. Keren... Bikin semangat lagi nih untuk menulis di blog, konten seperti ini yang susah di carinya, sangat bermanfaat. Terimakasih.

    BalasHapus
  11. setuju, dengan artikel ini, dapat membangun rasa semangat dan kebiasaan positif

    BalasHapus
  12. Mulai dari yang sederhana. Cocok sekali diterapkan untuk pemula, terutama yang belum bisa mengolah ide dari imajinasi. Jadi, apapun yang ada di sekitar kita bisa jadi bahan dan yang utama jangan lupa pembiasaan.

    BalasHapus
  13. Isinya bagus sesuai dengan yg kami butuhkan sebagai penulis pemula๐Ÿ‘ moga bisa diterapkan .Ini berarti bocoran ya? Terima kasih sudah mendapat gambaran sebelum masuk bimbingan menulis๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Segera catat ide bagus saat lagi malas. Nah kalau sudah semangat, ide tersebut bisa dikembangkan lagi. Itu cara yang saya pake buat blog saya. Hehe

    BalasHapus
  16. Mantap pak. Nampaknya udah pro ini.
    Salam kimia, sesama orang yang terlahir dari pendidikan kimia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam untuk Pak Senior Rukim.

      Hehe, masih terus belajar kok pak.

      Hapus