Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Belajar Ngeblog dan Mengajar Ngeblog



Tak terasa tahun 2020 sudah beralu dan usai, segala aktivitas 365 hari tersebut kini menjadi kenangan-kenangan yang akan terus tersimpan di benak. Kini semua insan sudah siap menyongsong proses tatanan hidup yang baru. 

Let Gone by be Gone.

Di awal tahun yang baru ini, kita semua menaruh harapan besar yang akan kita gapai dan akan mewujudkannya sebagai suatu kenyataan. Tak ada waktu lagi untuk rebahan, mari bangkit.

Seperti kebiasaan, masa libur akan segera usai dan kita akan menjalani kembali rutinitas beragam aktivitas individual. Berdagang, bertani, pelayanan kesehatan dan sosial, politik dan sebagainya. Dan yang tidak kalah penting adalah sebuah aktivitas panggilan jiwa untuk mengajar dan mendidik generasi emas bangsa. Guru harus menjadi pelopor "agent of change". Tetapi ada poin penting yang mungkin memang harus bisa kita terima bahwa:

Semua orang dapat menjadi GURU, tetapi tidak semua GURU dapat menjadi PENDIDIK”.

Hal ini bisa dianalogikan dengan pandangan Mengajar untuk berbagi ilmu pengetahuan dan mengeksplor potensi siswa, serta Mendidik untuk membangun kepercayaan diri, mengembangkan dan memupuk akhlak untuk berbudi pekerti.

Salah satu kewajiban dalam mengajar adalah mampu menarik minat siswa dalam belajar dengan memaksimalkan beragam keterampilan yang dimiliki, salah satunya adalah kemampuan IT untuk merancang media dan sumber belajar yang menarik. Belakangan ini platform weblog atau lebih trend dikenal sebagai BLOG kian mencuat sebagai satu diantara media belajar online yang dipakai. Blog dapat digunakan sebagai wadah untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi dari guru ke peserta didik bahkan untuk orangtua.

Dengan latar belakang hal diatas, kini kita tahu bahwa blog dapat digunakan untuk mempublis informasi-informasi penting yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Oleh karena itu, para guru diharapkan mengambil langkah lebih maju untuk melek IT mengejar ketertinggalan yang ada.

Para penggiat literasi juga sudah gencarnya mengajak para guru untuk aktif berliterasi dan menulis serta menuangkan ide tersebut di blog. Jadi bukan hal yang tabu kalau kita mengikuti jejak yang ada. Tulisan-tulisan yang ada di blog akan tersimpan sebagai jejak digital bagi seorang guru apalagi mengisinya dengan goresan catatan pembelajaran seperti teori, soal-soal dan pembahasan yang nantinya akan sangat berguna.

Saya selaku pribadi tertantang untuk mengikuti secara perlahan proses yang ada, memulai dari nol untuk kegiatan literasi dan memposting pikiran-pikiran yang saya peroleh di blog dan kini mulai kecanduan virus nge-blog berbagi informasi terkait konten pembelajaran dan informasi pendidikan. Sungguh, suatu progres yang memang layak untuk dilakukan siapa saja.  Dan saya harap, bapak/ibu guru berkenan mengikuti langkah saya. :D

GURU Belajar Ngeblog

Terkait blogging (sebuatan kegiatan ngeblog), kita bisa mulai dengan mengikuti/join sebagai anggota komunitas blogger khususnya guru blogger. Beberapa komunitas guru blogger yang dapat saya rekomendasikan seperti KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngbelog), LAGERUNAL (Cakrawala Blogger Guru Nasional). Kedua komunitas guru ngeblog tersebut saya berani rekomendasikan berhubung saya juga anggota di dalamnya, arah dan tujuan komunitas tersebut jelas. Banyak manfaat yang saya peroleh, diantaranya:

  • Mulai aktif menulis di blog (biasanya pasif, 1 bulan sekali posting tulisan di blog, hehe).
  • Tertular virus literasi dan kini menularkan virus tersebut kepada siswa-siswi yang tertarik menulis dengan saya.
  • Dapat relasi yang baik dengan para guru hebat seantero nusantara.

Ngeblog ... Membangun Kebiasaan Menulis

Sedikit ulasan dari saya terkait kedua komunitas diatas.

  1. Komunitas KSGN, foundernya adalah Wijaya Kusumah yang sering disapa Om Jay memiliki niat dan sumbangsih yang saya amini sebagai amal yang baik, berbagi virus literasi. Hal ini terbukti dengan adanya kelas belajar menulis yang dilakukan secara cuma-cuma alias gratisss besutan Om Jay bekerjasama dengan PGRI. Output kelas menulis tersebut adalah guru menelurkan ide kreatif dalam teknik menulis serta menerbitkan karya menjadi sebuah buku. 
  2. Komunitas LAGERUNAL, kalau tidak salah foundernya adalah Mas Brian dan Bu Aam, guru-guru hebat yang mau berbagi ilmu menulis dan terkait dunia weblog (blog). Di komunitas ini, kita akan disuguhkan oleh beragam tulisan menarik bapak/ibu guru hebat beta tanah air (hehe) bahkan tulisan yang “wah” menurut perspektif saya. Nah di komunitas ini, boleh saya katakan sebagai wadah lebar karena fokusnya tidak hanya aspek “kegiatan menulis”, tetapi “mengenal dan bersahabat dengan blog”..

Jadi, untuk lebih dalam menggeluti kegiatan literasi boleh join dengan komunitas diatas, manatau menemukan ruh menulis disana. 

GURU Mengajar Ngeblog

Seperti yang saya sampaikan diatas, guru ngeblog lagi terkenal loh sekarang, terutama di masa pandemi Covid-19. Guru dituntut untuk pro-aktif dalam  menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. Begitu juga dengan saya yang berprofesi sebagai guru, turut merasakan begitu berharganya melek IT sebagai penunjang pembelajaran daring bahkan luring.

Kegiatan ngeblog yang kini saya geluti adalah produk belajar untuk berliterasi digital berbasis blog. Hal ini pertama kali saya dapatkan ketika mengikuti workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) tingkat Dasar dan Lanjutan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI). Butuh waktu 1 bulan saya perlahan belajar dan mereview sedikit ilmu terkait dunia blog untuk guru sebagai basis media pembelajaran. Ternyata, sangat asyik mengoprek fitur/tools di blogger (blogspot) demi mendesain tampilan blog agar lebih menarik di pandang mata pengunjung (terutama siswa). 

Berbekal sedikit skill mengoprek blog, akhirnya saya diberikan kesempatan menjadi salah satu Instruktur Nasional (Mentor) pada kanal SAGUSABLOG untuk berbagi ilmu dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Blog kepada bapak/ibu guru hebat tanah air. Tentu kesempatan ini tidak akan saya sia-siakan begitu saja. Banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik di setiap pelatihan workshop online SAGUSABLOG. Disamping menjadi pendamping pada pelatihan, saya selalu ingin banyak belajar dari peserta workshop online Sagusablog. Karena menyadari bahwa banyak guru hebat lain diantaranya adalah peserta yang sedang mengikuti pelatihan ini.

Melalui pelatihan Sagusablog yang di selenggarakan oleh IGI, goal yang hendak dicapai hanya ingin berbagi dan tumbuh bersama para guru. Sebagaimana yang menjadi motto Ikatan Guru Indonesia, Sharing and Growing Together. Menyadari betul bahwa sendiri saja tidak mampu. Perlu berbagi dan bersama-sama melangkah untuk tumbuh. 

Tahun ini saya awali dengan masih diberinya kesempatan untuk sharing terkait pengenalan dan desain blog (blogspot) sebagai media pembelajaran pada kegiatan Sagusablog Gelombang 53. 
Tepat pada 1 Januari Sagusablog Dasar Kelas 53-C sudah resmi kami bentuk.
Sungguh, sebuah awal yang baik dan menggembirakan.

Semoga aksi guru ngeblog semakin berkembang dan tersebarnya virus literasi berbasis digital.

#Jan01AISEIWritingChallenge
#GuruNgeblog





Bang Regar
Bang Regar Mentor - Educator - Writer

Posting Komentar untuk "Guru Belajar Ngeblog dan Mengajar Ngeblog"