Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Min Hermina si Guru Lolita

Komunitas LAGERUNAL, salah satu wadah guru blogger berkumpul menjadi rumah kesian bagi saya untuk belajar dan sharing tentang blogging. Walaupun saya sudah bergabung, saya kurang pro-aktif untuk ikut challenge menulis. Mungkin karena ide yang masih beku, belum cair dan meleleh untuk di goreskan. Namun, untuk setiap info yang ada saya selalu mengikuti trending topik yang di bahas di grup WA.

Setelah beberapa purnama saya puasa tak ikut menulis, akhirnya secerca niat kembali muncul. Saya mulai berani ambil tantangan untuk aktif menulis, satu diantaranya adalah mengikuti challenge #KamisMenulis.

#KamisMenulis mengambil tema yang sedikit berbeda dari biasanya. Kali ini inisiator tema, Mas Mo sapaan akrab beliau, menantang para peserta untuk menulis profil sahabat Lage yang sebelumnya telah dipasangkan melalui undian. Antusiasme peserta terlihat semakin bergemuruh, rasa kepo, trik pdkt pun sudah dirancang.

Tak perlu lama menunggu, akhirnya saya dapat pasangan nan unik dan inspiratif walau tak belia lagi, dia lah si Guru LOLITA, Min Hermina. Kok Lolita, emang apaan tuh?? saya pun mengorek profil si ibu yang satu ini. LOLITA itu sendiri adalah akronim Lolos Lima puluh Tahun versi si ibu. Walau usia boleh menua, tapi semangat literasi beliau serasa daun muda, he..he..

Biar gak semakin penasaran, mari kepoin profil beliau.


Guru Lolita memiliki nama lengkap Min Hermina, M.Pd yang dilahirkan 53 tahun silam, tepatya 24 September 1967 di Bandung. Riwayat pendidikan beliau selesaikan mulai dari SDN 1 PINDAD Bandung, SMPN 22 Bandung (lalu kelas IX pindah ke SMPN Kadipaten Kab. Majalengka, Jabar), SMAN Dawuan Kab Majalengka, D2 IKIP Bandung, D3 UT Bandung, S1 UT Jakarta, S2 UNINDRA Jakarta. Pendidikan Tinggi yang beliau selesaikan semua berakhir di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Wah ternyata bu guru Lolita bisa jadi guard tourist kalau ke London ya..:D

Setelah selesai mengenyam pendidikannya, beliau menapaki karier sejak diangkat menjadi PNS di SMPN 2 Jatiwangi tahun 1988, dan kemudian dimutasi ke SMPN 1 Cikampek sebagai guru bahasa Inggris hingga sekarang. Berkat ketekunannya, beliau beberapa kali menorehkan prestasi membanggakan diantaranya Juara 2 Guru Berprestasi tingkat Kab. Karawang(2012), 2015 Finalis INOBEL di Jakarta, juara 2 Guru Berprestasi tingkat Kab Karawang (2017), juara 1 Olimpiade Guru Nasional Bahasa Inggris tingkat Kab. Karawang (2020), dan masih banyak lagi yang tidak bisa diuraikan panjangnya.

Seperti yang saya sampaikan diawal, walaupun usianya sudah tak kunjung muda lagi, semangat karir dan kiprah dalam kepenulisan patut diacungkan jempol. Pasalnya, guru Lolita sudah menelurkan karya berupa 1 buah buku solo dan 12 buku antologi. Usia tak menjadi penghalang untuk berliterasi. Salutt, pokokee.

Banyaknya karya yang dihasilkan, tak kunjung membuat saya berhenti mengoprek profil beliau, rasa kagum akan sosok guru Gurusiana ini pun terus berlanjut. Beliau juga bercerita, kini sedang mengikuti tantangan menulis Gurusiana 365 hari yang diadakan oleh Media Guru Indonesia dan sudah memasuki hari ke-351. 

Selain kesibukan sebagai guru, beliau juga mengisi waktu menjadi Guru Inti di PBG (Pusat Belajar Guru) Karawang dan sebagai pengurus di KACAGELIS (Karawang Gemar Membaca dan Menulis) yang bertugas untuk menyelenggarakan pelatihan khusus pada dunia menulis untuk guru-guru di Kab Karawang.

Dibalik kesuksesan guru Lolita ternyata ada orangtua, saudara, dan keluarga kecil yang selalu mendukung. Merekalah orang-orang yang senantiasa mengasuh semangat dan berdiri menopang. Wah..ternyata benar ya, dibalik kesuksesan sesorang ada crew dibalik layar. 😉

Bu Guru berkacamata minus ini, menyukai warna biru selebar langit membentang, dan katanya sih easy going..mudah bergaul. Ya, itu terbukti ketika beliau yang duluan bertandang ke rumah pribadi maya saya. Ramah, dan sisi keibuannya luber sehingga saya bak merasa sedang ngobrol dengan ibu saya sendiri. Dari beliau saya juga termotivasi, usia tidak akan mematahkan semangat menulis, selagi pena berdiri belajarlah sepanjang hayat.

Demikian profil bu guru LOLITA yang bisa saya uraikanwalau sedikit namun banyak semangat literasinya yang layak kita tiru.

Baca Juga:


Sponsor program,
#LAGERUNAL



Bang Regar
Bang Regar Mentor - Educator - Writer

8 komentar untuk "Min Hermina si Guru Lolita"

  1. Woww kerenn bangets profil saya. Mksh Bang Regar sudah menuliskannya dengan baik. Saya jadi terharu, serasa sdg ngobrol dg anak sy sendiri. Karena usianya yg hampir sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih, bu.
      Senang bisa kenal dengan Bu Guru Lolita.
      Hehe

      Hapus
  2. hehehehehe... Lolita tak kira apa tadi...
    Sehat terus Ibu Min
    TErimakasih Tulisannya Pak Regar
    Sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mengantar oleh-olehnya, Pak.
      🙏

      Hapus
  3. Mantap, Pak. Lebih mantap jika komentar pribadi di akhir paragraf dihilangkan 🙏

    BalasHapus