Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Rumah Guru Blogger LAGERUNAL

Minggu pertama Februari #Kamis Menulis mengangkat tema Keroyok Blog.  KeroyokBlog merupakan salah satu bentuk kegiatan mengulas secara minor maupun mayor rumah (blog) seorang/komunitas blogger. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk memberikan masukan kepada pengelola untuk meningkatkan eksistensi dan performanya di mata mbah Google.

Sahabat Lage kali ini mendapatkan tantangan dari sang motor #KamisMenulis untuk mengeroyok blognya guru ngeblog, Cakrawala Blogger Guru Nasional yang biasa disebut sebagai Lagerunal. Aksi yang diberikan berupa review, ulasan dari sudut pengamatan anggota (visitor) baik berupa tampilan, isi, dan kebergunaan blog tersebut.

Blog LAGERUNAL



Identitas Blog

  • Nama Blog: Cakrawala Blogger Guru Nasional
  • Tagline: - (belum jelas arahnya)
  • Nama Author: sejauh pengamatan, sepertinya author aktif adalah pak R. Brian Prasetyawan.
  • Tahun Pembuatan: November 2020
  • Niche: Blogging dan menulis

Tampilan Blog

  • Template. Template yang dipakai merupakan template bawaan blogspot bernama Emporio berlatar putih, dan masih tampak sederhana. Kesannya memang sederhana, tetapi saya yakin tidak akan menggangu pandangan mata setiap visitor.
Inspeksi tema blog

  • Header. Header blog masih berupa tulisan nama blog dan sederhana. 
  • Menu. Menu blog terletak di bagian atas beranda dan berderet secara horizontal. Hanya ada lima menu utama, Beranda, Mari Bergabung, Profil Anggota, Info Lagerunal, dan #KamisMenulis. Namun, perlu diatur ulang dalam hal ukuran font (diperbesar) dan warnanya agar lebih kontras dan nyaman dilihat. 
  • Widget. Widget yang terpasang tidak banyak berupa total tayangan halaman, pengikut, label, dan arsip. Sebenarnya masih bisa ditambahkan dengan widget lain. Menurut saya ada satu widget yang tidak kalah penting harus ditampilkan yakni Postingan Populer yang dapat membantu visitor melihat tulisan-tulisan yang sedang hangatnya dibaca.
  • Font. Jika kita amati, terkait tipe huruf tampak beragam. Menu, widget, memiliki tipe font yang sama, namun untuk postingan berbeda (tipe: Time News Roman).
  • Responsivitas. Dengan tidak banyaknya widget yang muncul baik di sidebar kanan maupun di bawah (footer) memberikan keuntungan pada blog. Akses blog semakin cepat, loading tidak membutuhkan waktu yang lama.

Postingan/Artikel

Postingan yang sudah terpublikasikan di blog berjumlah 58 artikel. Postingan yang ada lebih banyak di dominasi biodata anggota Lagerunal, walaupun masih ada beberapa postingan berisi dokumentasi tulisan anggota pada kegiatan #KamisMenulis. 

Saran
Dari ulasan diatas, ada sedikit saran yang perlu disampaikan terkait blog Lagerunal sebagai bahan tambahan untuk mendekor rumah guru blogger.
  • Desain header blog agar lebih menarik.
  • Memilih tema blog yang menarik dan tetap mengedepankan responsivitas dan kenyamanan berkunjung.
  • Rutin mengupdate artikel baru yang berkaitan dengan niche blog.
Rekomendasi
Bagi bapak/ibu guru yang memiliki semangat untuk belajar blogging, sila  mengunjungi blog Lagerunal dan mari bergabung. Kita belajar sama dan maju semuanya. 

Salam Blogger Pendidikan.

Bang Regar
Bang Regar Mentor - Educator - Writer

7 komentar untuk "Mengulas Rumah Guru Blogger LAGERUNAL"

  1. Semoga rumah guru blogger ini terus berkembang dan tetap memberikan informasi dan ilmu yang bermanfaat bagi anggotanya maupun orang lain yang berkunjung ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Pak. Lagerunal milik anggota bersama dan tempat berbagi informasi. Semoga kedepannya berkembang dan bisa berisi konten yang bermanfaat bagi siapa saja yang bertamu.
      Salam #Lagerunal

      Hapus
  2. Bang Regar, salam literasi kembali. Ulasannya mantap bahkan sampai menyelisik inspeksi tema blog. Semoga sarannya diperhatikan dan dipertimbangkan admin, ya!

    BalasHapus
  3. Ulasan yang mantap dan lengkap, Bang Regar. Terima kasih untuk masukan-masukan terbaiknya untuk blog lagerunal. Tabik. 🙏

    BalasHapus
  4. Lengkap ucapan keroyok Blognya.
    Saya jadi tertarik membuat heading yg bisa Full sampai pojok. Hehehhe

    BalasHapus
  5. Ulasannya mantaaaap, blognya baguuuus banget. Font kolom komentarnya kereeen.

    BalasHapus
  6. Reviewnya mantap, lengkap dan informatif juga.

    BalasHapus